INSTALASI R DI UBUNTU

Software R adalah software open source yang mempermudah kita dalam mempelajari statistik. kalau di os windows cara instalasi nya mudah cukup download lalu klik program ,tapi bagaimana dengan ubuntu/linux?

nah disinilah saya akan menjelaskan caranya kepada anda dengan step by step :
1.Tambahkan R repository, caranya di terminal ketikkan sudo gedit /etc/apt/sources.list dan tambahkan list mirror R repository. karena saya pakai 12.04 ,ubuntu quantal maka saya pilih repository ini  deb http://cran.r-project.org/ubuntu quantal/


2. install r-base and r-base-dev dengan mengetikkan: sudo apt-get install r-base r-base-dev

3. Ketikkan di terminal sudo R, ini untuk memulai membuka R di CLI

4. Di dalam R environment, dengan mengetikkan di terminal: install.packages(“Rcmdr”)

5. Keluar dari R environmnet, dengan mengetikkan: q()

6. Masuk lagi ke R environment, sebagai user biasa: R

7. Untuk memulai lagi RComannder ini, cukup ketikkan: library(Rcmdr)


Karena ada beberapa depedencies yang tidak bisa diinstal sejak awal, maka sesaat setelah mengetikkan perintah no 7, kita akan diminta memilih dari mana menginstalnya. Ada 2 pilihan, yaitu


1. CRAN
2. komputer kita. di komputer saya, hasil download program R ini tersimpan. Di komputer saya file ini tersimpan di /home/dokumen/i386-pc-linux-gnu-library. saya pilih pilihan yang kedua. Tunggu beberapa saat, dan R siap digunakan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments
October 24, 2015 at 5:19 PM delete

akang... cara jalankan R-nya bagaimana?

Reply
avatar