10 Aplikasi Bidang Matematika yang Terkenal

selamat pagi bro, ini postingan pertama saya di tahun 2016. kali ini saya akan membahas mengenai 10 aplikasi yang useful banget untuk mahasiswa/guru/profesi lain yang bergelut dengan matematika/teknik/statistika/ilmu eksak lainnya. baiklah ini dia aplikasinya :

1. Maple
http://maplesoft.com/images2015/Maplesoft_logo2x.png
maple adalah aplikasi yang berguna banget dalam banyak bidang. kamu bisa gunain aplikasi ini untuk buat soal - soal matematika, fisika, kimia dan bidang lain yang berkaitan dengan rumus sains. kamu juga bisa gunakan aplikasi ini untuk pemodelan matematika dari permasalahan yang ada sekarang disekitar kita. bisa juga untuk penelitian robot , buat rangkaian listrik sama belajar konsep matematika.
2. Matlab


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjJxKwb3zg2W0mJNHQVXXAmlUsw95St8jt87mrbEeCe_0zHS4q849jYbDicswCs_z15VjA8En83x3mFy2uVxU73xE7M3gd2cSndtkrUTSMx_kewoOsXj940KqNwrdSrzrLeQ-bc8UGDgRZt/s1600/Matlablogo.png
Matlab ini banyak dipakai perusahaan industri ternama. untuk kalangan mahasiswa biasanya digunain untuk penelitian seperti buat robot, analisis matriks, pemodelan dan sebagainya. dibandingkan maple program ini memang dirancang untuk dunia kerja/usaha. penggunanya biasanya tergolong orang - orang yang expert banget dibidang pemrograman. ukuran matlab sekarang lebih dari 8gb dan siapin duit ya buat beli nya karena nih aplikasi bersifat komersial dan mahal tentunya
3. Scilab
https://yt3.ggpht.com/-Q_1pkxZqFOA/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAAA/KlUX5ZS4B8Q/s900-c-k-no/photo.jpg

nah ini saingan matlab namun sifatnya open source dan ukurannya cukup kecil 100an mb doang.
4. Mathematica
http://www.wolfram.com/solutions/education/students/images/overview-item1-9.jpg
 kalo aplikasi ini saingan maple. namun kelebihannya terletak pada fasilitas presentasi mirip powerpoint pada microsoft office.
5. SageMath
 https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/e/e9/SAGE_equation_solve.jpeg
sagemath ini adalah aplikasi open source. tujuan pembuatan aplikasi ini sebagai alternatif gratisan dari maple, matlab dll yang bersifat komersial dan harga selangit.
6. R SOFTWARE
http://rprogramming.net/wp-content/uploads/2012/10/RStudio-Screenshot.png
nah  aplikasi yang satu ini fokus pada dunia statistika walaupun awalnya diciptakan untuk semua bidang matematika. perjalanan software ini panjang dan salah satu software open source yang populer di bidang statistika.
7. SPSS
http://screenshots.en.sftcdn.net/en/scrn/316000/316959/ibm-spss-statistics-13.jpgaplikasi statistika yang bermanfaat banget buat skripsi karena rata-rata mahasiswa indonesia masih banyak yang belum kenal R Yang gratis. spss ini aplikasinya bersifat komersial loh jadi kudu mesti bayar.
8. Maxima
http://screenshots.ubuntu.com/screenshots/w/wxmaxima/4458_large.png
kalo aplikasi ini sifatnya open source dan alternatif dari maple guys.
9. Lisrel
https://i.ytimg.com/vi/cAz_7Vy74hU/maxresdefault.jpg
SEM(STRUCTURAL EQUATION MODELING) atau analisis pemodelan terstruktur. software ini digunain pada analisis multivariat guys
10. minitab
http://www.tqm.com/files/Screen_Minitab1.jpg
nah yang ini gak beda jauh amat sama spss.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments
October 18, 2017 at 9:32 PM delete

Saya pengguna Sagemath...Sagemath bisa di-embedded di website atau blog. coba cek ini blog punya saya yg saya embedded dg sage kriptografi 5111

Reply
avatar